Minggu, 04 Oktober 2015

Wisata Kuliner di Kota Semarang

 Jadi saya pilihkan beberapa lokasi kuliner favorit yang pastinya harus kamu coba.

Soto Bokoran

06:00
Warung soto ini terletak di jalan bokoran, tidak jauh dari chinatown. Kenapa harus ke sini jam 6 pagi? Karena kalau kamu terlambat sedikit saja kamu akan berebutan dengan penikmat soto bokoran. Warung ini buka jam 6 pagi dan kalau sedang ramai jam 8 pagi juga sudah habis. Saking ramai dan banyaknya pelanggan yang menyukai soto bokoran.

Soto bokoran merupakan salah satu legenda kuliner di Semarang karena mereka sudah berjualan selama 40 tahun. Bayangin berjualan soto saja sudah 40 tahun. Ciri khas soto bokoran adalah potongan tomatnya yang besar. Tetap dengan ciri soto semarang yang ditaburi dengan gorengan bawang putih di atas soto.

Kondimen tambahan juga jangan lupa untuk diembat. Sate daging dan sate kerang manis ini khas kondimen warung-warung soto di kota semarang. Telur yang disajikan juga bukan telur ayam tapi telur bebek yang dimasak perlahan selama 5 jam. Semua masakan dibuat dengan passion selama berjam-jam.

Lumpia Gang Lombok

07:30
Setelah sarapan di soto bokoran, geser sedikit sudah disambut gerbang chinatown. Dari gerbang chinatown sebaiknya berjalan kaki. Jalan kaki supaya bisa lebih menikmati atmosfer chinatown dan mengambil banyak obyek foto di sepanjang jalan. Kegunaan lain jalan kaki untuk menurunkan efek kenyang sarapan sebelum hunting kuliner legenda semarang berikutnya.
Berjalan menembus chinatown selama kurang lebih 20 menit dan di ujung jalan kamu bakal menemukan Klenteng Tay Kak Sie dan warung lumpia gang lombok. Menjelajahi klenteng Tay Kak Sie seakan menjelajahi lorong waktu karena klenteng ini dibangun pada tahun 1746.

Saya estimasi dari gerbang chinatown sampai menjelajahi klenteng Tay Kak Sie akan menghabiskan waktu sekitar 1,5 – 2 jam, waktu yang tepat buat ngemil lumpia gang lombok. Lumpia gang lombok saat ini dipegang oleh Pak Purnomo generasi III dari pembuat lumpia ini. Beliau sudah berjualan lumpia selama minimal 55 tahun saat ini. Lumpia gang lombok merupakan akar dari semua aliran utama lumpia di semarang. Berasa cerita dunia persilatan ya ada aliran-alirannya hihi~

Aliran lumpia semarang itu ada lumpia gang lombok, lumpia mbak lin (jalan pemuda dan pandanaran) dan lumpia mataram. Aliran lumpia ini merupakan aliran lumpia yang utama sebelum muncul warung-warung lumpia lainnya. Harus diakui dibanding lumpia lain di semarang, isi lumpia gang lombok lebih berisi dan lebih padat dengan harga yang lebih tinggi juga dibandingkan rata-rata harga lumpia  di semarang.

Kuliner Kota Lama

10:00
Sudah saatnya bergerak lagi setelah ngemil lumpia. Sekitar 15-20 menit dengan kendaraan roda 4, kamu sudah bisa menyentuh Kota Lama untuk tujuan wisata kaki dan wisata kuliner kita berikutnya. Mobil atau motor bisa diparkir di samping Gereja Blenduk.




Foto sendiri yang didedikasikan untuk blog loenpia

Gereja Blenduk merupakan salah satu ikon kota semarang. Gereja ini merupakan gereja kristen tertua di Jawa Tengah dan masih aktif digunakan hingga saat ini. Dinamakan blenduk karena bentuk kubah di atas gereja. Blenduk adalah bahasa jawa untuk kubah.
Gereja ini dinamakan Blenduk karena mempunyai kubah besar diatasnya. Kubah dalam bahasa Jawa adalah blenduk. Setelah puas menjelajahi gereja blenduk, kamu bisa berjalan kaki sedikit di sekitar area kota lama. Banyak obyek foto yang bisa memanjakan kamera atau akun instagram kamu *grinz*. Seperti gedung pabrik rokok praoe lajar yang eksotis atau stasiun tawang yang juga merupakan bangunan kuno.




Ikan Bakar Cianjur

Setelah puas berjalan-jalan di area kota lama, kamu bisa kembali ke gereja blenduk dan memilih mau menikmati makan siang di sate kambing 29 atau ikan bakar cianjur yang berada di seberang gereja blenduk persis.
Ikan bakar cianjur di kota lama ini bukan ikan bakar cianjur biasa karena restoran ini menempati salah satu gedung pengadilan lama. Ikan bakar cianjur melestarikan gedung ini dengan memanfaatkannya sebagai restoran.
Sate kambing 29 juga lokasi kuliner legenda di semarang karena mereka sudah berjualan sejak 1968. Menu terkenal lainnya selain sate kambing adalah balungan. Balungan di sate kambing 29 dimasak selama 8 jam untuk menghasilkan daging yang empuk dan kaldu yang pekat dan maknyos!

Istirahat Siang

Sudah setengah hari sebaiknya badan diistirahatkan dulu. Saya menyarankan untuk menginap di hotel merbabu di jalan pemuda. Kenapa? Karena aksesnya untuk ke lokasi mana saja di semarang mudah, rate inap terjangkau dan dekat dengan pusat perbelanjaan dan banyak lokasi kuliner disekitarnya.
Sayang sekali istana wedang di sebrang hotel merbabu sudah tutup. Kalau belum tutup bisa menikmati cemilan atau minuman khas jaman dulu. Tapi jangan khawatir, didepan hotel biasanya ada warung kucingan yang selalu stand by. Kucingan merupakan salah satu budaya kuliner orang semarang. Biasanya porsi nasi disajikan dalam porsi kecil-kecil dengan pilihan lauk gorengan yang beraneka ragam.
Kalau badan siang-siang masih kuat bisa jalan kaki ke Lawang Sewu sambil bawa kopi dari kedai starbucks di sebelah hotel
(lengkap kan?). Lawang Sewu bisa dijangkau dengan berjalan kaki sekitar 20 menit. Sepertinya memang terasa kurang lengkap jika tidak mengunjungi gedung bersejarah yang satu ini jika mengunjungi semarang.

Bakso Pak Geger - Semarang

12.00
Meski bakso bukan makanan asli Kota Semarang, namun bukan berarti di Semarang tidak ada bakso yang terkenal enak. Bakso Daging Sapi Pak Geger memiliki citarasa spesial Bakso yang tiada duanya di Semarang. Bakso disajikan dalam mangkuk ukuran besar, rasa kenyal dan kuah kaldunya pun sangat terasa, dengan aneka jeroan seperti Babat, Iso, Iga, Urat, Daging, Tulang Muda dengan kuah Yang Khas. Bakso Pak Geger Asli Khas Semarang hanya buka di dua tempat yaitu Semarang Atas dan Semarang Bawah. Semarang Atas di Jl. Setiabudi No 1 Komplek Ruko Srondol Banyumanik Semarang  [sebelah Banteng Raiders] Semarang (No Hp 081226575711 ), sedangkan di Semarang Bawah di Jl Gisikdrono Pamularsih Semarang Barat.
Bakso Geger Pelanggan mengantri bakso

Tahu Gimbal dan Es Marem

14:30
Setelah beristirahat sejenak saatnya lanjut jelajah semarang dengan mengunjungi gedung batu atau yang lebih terkenal dengan nama Klenteng Sam Po Kong. Enaknya mengunjungi klenteng ini memang sore hari ketika sinar matahari sudah tidak ganas lagi. Setelah selesai dengan gedung batu, bisa pindah ke Taman KB untuk menikmati tahu gimbal atau es marem.

Gak lengkap memang kalau gak makan tahu gimbal. Kondimen tahu gimbal itu tahu goreng, rajangan kol mentah, lontong, taoge, telur, dan pastinya harus ada gimbal (baca udang yang digoreng dengan tepung). Semua kondimen tersebut dituang dengan bumbu kacang yang diulek dengan petis udang.




Bikin piknik di Taman KB

Kalau perutnya gak kuat bisa pesen es marem -semacam es campurnya semarang- sambil menikmati udara sore Taman KB. Taman KB adalah salah satu open space masyarakat semarang. Warga semarang biasanya banyak menghabiskan waktu di taman ini di siang atau sore hari.

Pujasera Simpang Lima

17:00
Sore menjelang malam langsung jalan kaki menuju Simpang Lima dari arah Taman KB. Simpang Lima yang tersohor sebagai pusat kegiatan kota semarang bisa dijangkau hanya dengan 15 menit jalan kaki dari Taman KB.




Suasana pujasera simpang lima

Di sepanjang lingkaran simpang lima ada pujasera simpang lima. Outlet-outlet pujasera simpang lima ini sudah siap melayani dari sekitar jam 6 sore. Kamu mau kuliner semarang apa saja ada di sini. Dari seafood, sate kambing hingga yang ringan-ringan seperti roti bakar.




Sisi pujasera yang menghadap simpang lima

Ngobrol dengan teman atau keluarga di pujasera ini tidak terasa bisa sampai tengah malam sambil menikmati atmosfer simpang lima. Pujasera ini cocok untuk meeting point atau tempat berkumpul dengan banyak orang yang tentu saja selera kulinernya berbeda-beda.

Kuliner Tengah Malam

Apa udah tengah malam masih laper juga? Jangan khawatir brur! Semarang itu denyut nadi kulinernya tidak pernah berhenti. Kota ini akan memanjakan lidah kamu dari pagi hingga subuh keesokan hari menjelang.




Lesehan ala nasi ayam simpang lima

Pilihan kuliner tengah malam pertama adalah nasi ayam simpang lima. Warung nasi ayam simpang lima ini bukanya memang tengah malam. Jam buka sekitar jam 1 malam hingga jam 5 pagi. Bentuk warung sangat merakyat karena semua menikmati nasi ayam dengan duduk lesehan di atas tikar.




Nasi Ayam Simpang Lima

Ini penampakan nasi ayam simpang lima. Nasi liwet, suiran ayam, sayur krecek dan labu siem disiram dengan santan dan kuah sayur pedas plus telor bacem menjadi isi utama nasi ayam simpang lima. Lauk dari yang berat ayam opor sampai sate jeroanpun tinggal dipilih kalau terasa masih kurang. Berat ya menjadi orang semarang? hahahahaha~ Tengah malampun lidah masih dimanjakan dengan kuliner macam ini.
Kalau kamu tidak suka nasi ayam kamu bisa geser dengan jalan kaki ke RS Telogorejo. Sekitar 10 – 15 menit jalan kaki dari simpang lima. Di depan RS Telogorejo banyak warung-warung yang menjual aneka kuliner maknyos seperti nasi gandul yang kuahnya manis nan setengah pedas itu.

Peta Kuliner Semarang

Sepertinya sih gak akan habis ngobrolin kuliner semarang. Kota Semarang itu salah satu surga wisata kuliner di Jawa Tengah selain Solo dan Jogja tentunya. Orang semarang memang hobby makan.




Peta Kuliner Semarang ala Tukang Makan

Kalau kamu masih merasa kesulitan untuk menemukan lokasi-lokasi wisata kuliner di atas jangan khawatir. Saya sudah membuatkan peta kuliner semarang versi tukang makan. Silahkan klik pranala google map ini. Peta buatan saya ini tidak bisa diembed ke dalam postingan ini sehingga kamu harus mengklik pranala tersebut di atas.
Wah gak terasa sudah cerita banyak. Semoga itinerary wisata kuliner semarang ini bisa membantu kamu ketika kehabisan ide buat menikmati kuliner di Semarang.
Tetap sehat dan tetap makan-makan ya!

Sumber : tukangmakan.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons